Shorts

[shorts][bsummary]

vehicles

[vehicles][bigposts]

business

[business][twocolumns]

SISTEM MESIN SEPEDA MOTOR

SISTEM MESIN SEPEDA MOTOR




MESIN DAN KOMPONEN UTAMA

Sepeda motor merupakan mesin yang memiliki karakteristik sama seperti mobil, pesawat dan tenaga lainnya yang  memerlukan daya untuk bergerak, melawan hambatan udara, gesekan ban dan hambatan-hambatan lainnya. Untuk memungkinkan sebuah sepeda motor yang kita kendarai bergerak dan melaju di jalan raya, roda sepeda motor tersebut harus mempunyai daya untuk bergerak dan untuk mengendarainya diperlukan mesin.




Mesin merupakan salah satu alat untuk menciptakan sebuah tenaga, ia disebut sebagai penggerak utama. Jadi mesin disini berfungsi mengubah energi panas dari ruang pembakaran ke energi mekanis dalam bentuk tenaga putar. Tenaga atau daya untuk menggerakkan kendaraan tersebut diperoleh dari panas hasil pembakaran bahan bakar. Jadi panas yang timbul karena adanya pembakaran itulah yang dipergunakan untuk menggerakkan kendaraan, dengan kata lain tekanan gas yang terbakar akan menimbulkan gerakan putaran pada sumbu engkol dari mesin.

A.  KOMPONEN UTAMA PADA MESIN SEPEDA MOTOR

motor merupakan salah satu mesin yang memiliki bagian kerjannya sendiri, untuk mendukung kinerja mesin tersebut diperlukannya 
komponen utama dan pendukung seperti:

1.   Kepala silinder (cylinder head)

a.   Katup (Valve)
Untuk informasi selengkapnya mengenai pengertian, fungsi dan cara kerja Katup (Valve) sepeda motor silahkan KLIK DISINI

b.  Chamshaft (Nokn As)
Untuk informasi selengkapnya mengenai pengrtian, fungsi dan cara kerja Chamshaft (Nokn As) sepeda motor silahkan KLIK DISINI



2.   Blok silinder mesin (cylinder block)

a.   Piston
Untuk selengkapnya mengenai pengertian, fungsi, jenis dan cara kerja  Piston sepeda motor silahkan KLIK DISINI


3.   Bak engkol mesin (crankcase)

a.   Rantai Cam Dan Peregangannya
Untuk informasi selengkapnya mengenai pengertian  Rantai Cam Dan Peregangannya sepeda motor silahkan KLIK DISINI

b.  Poros Engkol (crankshaft)
Untuk informasi selengkapnya mengenai pengertian  Poros Engkol (crankshaft) sepeda motor silahkan KLIK DISINI

Jadi, tiga bagian utama tersebut bisa dikatakan sebagai tulang punggung bagi kendaraan bermotor roda dua.



Untuk mempelajari proses servis maupun praktek pembongkaran sepeda motor pertama harus mempelajari tentang teori maupun pengetahuan tentang nama-nama, lokasi dan fungsi dari komponen-komponennya sebagai berikut:

1.   Kepala Silinder (Cylinder Head)
.


Kepala silinder bertumpu pada bagian atas blok silinder. Titik tumpunya disekat dengan gasket (paking) untuk menjaga agar tidak terjadi kebocoran kompresi, disamping itu agar permukaan metal kepala silinder dan permukaan bagian atas blok silinder tidak rusak. Kepala silinder biasanya dibuat dari bahan Aluminium campuran, supaya tahan karat juga tahan pada suhu tinggi serta ringan. Biasanya bagian luar kontruksi kepala silinder bersirip, ini untuk membantu melepaskan panas pada mesin berpendingin udara.

Kepala silinder (cylinder head) merupakan salah satu bagian utama yang memiliki beberapa bagian untuk menjalankan proses kerja dengan baik, diantarannya.

a.   Katup (Valve)
Untuk informasi selengkapnya mengenai pengertian, fungsi dan cara kerja Katup (Valve) sepeda motor silahkan KLIK DISINI

b.  Chamshaft (Nokn As)
Untuk informasi selengkapnya mengenai pengrtian, fungsi dan cara kerja Chamshaft (Nokn As) sepeda motor silahkan KLIK DISINI


2.   Blok Silinder Mesin

Silinder liner dan blok silinder merupakan dua bagian yang melekat satu sama lain. Daya sebuah motor biasanya dinyatakan oleh besarnya isi silinder suatu motor. Silinder liner terpasang erat pada blok, dan bahannya tidak sama. Silinder liner dibuat dari bahan yang tahan terhadap gesekan dan panas, sedangkan blok dibuat dari besi tuang Bagian paling atas dari kontruksi mesin sepeda motor adalah kepala silinder.

Kepala silinder berfungsi sebagai penutup lubang silinder pada blok silinder dan tempat dudukan busi. yang tahan panas. Pada mulanya, ada yang merancang menjadi satu, sekarang sudah jarang ada.

Sekarang dibuat terpisah berarti silinder liner dapat diganti bila keausannya sudah berlebihan. Bahannya dibuat dari besi tuang kelabu. Untuk motor-motor yang ringan seperti pada sepeda motor bahan ini dicampur dengan alumunium.

Bahan blok dipilih agar memenuhi syarat-syarat pemakaian yaitu: Tahan terhadap suhu yang tinggi, dapat menghantarkan panas dengan baik, dan tahan terhadap gesekan.



Blok silinder merupakan tempat bergerak piston. Tempat piston berada tepat di tengah blok silinder. Silinder liner piston ini dilapisi bahan khusus agar tidak cepat aus akibat gesekan. Meskipun telah mendapat pelumasan yang mencukupi tetapi keausan lubang silinder tetap tak dapat dihindari. Karenanya dalam jangka waktu yang lama keausan tersebut pasti terjadi. Keausan lubang silinder bisa saja terjadi secara tidak merata sehingga dapat berupa keovalan atau ketirusan. Masing-masing kerusakan tersebut harus diketahui untuk menentukan langkah perbaikannya.

Cara mengukur keausan silinder pada sepeda motor dapat dilihat secara lengkap Klik Disini

Kontruksi luar blok silinder dibuat seperti sirip, ini untuk melepaskan panas akibat kerja mesin. Dengan adanya sirip-sirip tersebut, akan terjadi pendinginan terhadap mesin karena udara bisa mengalir diantara sirip-sirip. Sirip juga memperluas bidang pendinginan, sehingga penyerapan panas lebih besar dan suhu motor tidak terlampau tinggi dan sesuai dengan temperatur kerja.

Persyaratan silinder yang baik adalah lobangnya bulat dan licin dari bawah ke atas, setiap dinding-dindingnya tidak terdapat goresan yang biasanya timbul dari pegas ring, pistonnya tidak longgar (tidak melebihi apa yang telah ditentukan), tidak retak ataupun pecah-pecah.

Blok silinder mesin 2 langkah Seperti namanya dan fungsinya Blok silinder mesin (cylinder block) memiliki komponen untuk menjalankan langkah kerja untuk bisa bergerak diantarannya iyalah.

a.   Piston
Untuk selengkapnya mengenai pengertian, fungsi, jenis dan cara kerja  Piston sepeda motor silahkan KLIK DISINI

3.   Bak engkol mesin (crankcase)

Crankcase (bak engkol) biasanya terbuat dari aluminium die casting dengan sedikit campuran logam.

Bak engkol fungsinya sebagai rumah dari komponen yang ada di bagian dalamnya, komponen didalam bak engkol antara lainj sebagai berikut:

a.   Rantai Cam Dan Peregangannya
Untuk informasi selengkapnya mengenai pengertian  Rantai Cam Dan Peregangannya sepeda motor silahkan KLIK DISINI

b.  Poros Engkol (crankshaft)
Untuk informasi selengkapnya mengenai pengertian  Poros Engkol (crankshaft) sepeda motor silahkan KLIK DISINI

Bak engkol terletak di bawah silinder dan biasanya merupakan bagian yang ditautkan pada rangka sepeda motor.

No comments:

Post a Comment