Shorts

[shorts][bsummary]

vehicles

[vehicles][bigposts]

business

[business][twocolumns]

SISTEM RANGKA SEPEDA MOTOR

SISTEM RANGKA SEPEDA MOTOR

                 



SISTEM RANGKA SEPEDA MOTOR- Chassis

Rangka merupakan salah satu penunjang sepeda motor. Oleh karena itu rangka memiliki sifat yang harus kuat untuk menopang mesin itu sendiri.

Rangka mempunyai fungsi yang harus mampu menempatkan dan menopang mesin, transmisi, suspensi dan sistem kelistrikan bahkan komponen- komponen lain yang ada dalam sepeda motor itu sendiri. Oleh karena itu rangka sebaiknya harus kuat dan kaku tapi ringan.

Bahan utama rangka sepeda motor adalah plastik dan logam. Bagian rangka yang terbuat dari plastik misalnya penahan angin, penutup rangka dan pelindung roda. Sedangkan bagian utama yang terbuat dari logam, misalnya rangka utama, kemudi, lengan ayun dan dudukan mesin.



Teknologi rangka sepeda motor dapat dikatakan tidak mengalami perkembangan yang begitu pesat. Sejak dulu kostruksi rangka relatif sama. Bentuk komponen rangka pada umumnya terdiri dari 3 macam yaitu:
1.  Silinder
2.  Persegi
3.  Plat

Rangka sangat berkaitan erat dengan body. Oleh karena itu bentuk rangka sangat mempengaruhi bentuk body sepeda motor itu sendiri. Rangka berperan sangat penting untuk menunjang terbentunya body sepeda montor, yang tentu memiliki tipe dan karakteristik rangka yang berbeda.

a.   Rangka tipe bak (cradle frames)
b.  Rangka tipe trellis (terali)
c.   Rangka tipe balok penyeimbang (beam)
d.  Rangka tipe spin




No comments:

Post a Comment